Rakornas Sobat Jarwo : Berkiprah Secara Maksimal Mengawal Dan Berperan Aktif Dalam Program Pemerintahan Presiden Jokowi

Salatiga, RepublikeXpose.com
SOBAT JARWO (Solidaritas Sahabat Jaringan Legowo) adalah ormas independen yang kepengurusannya tersebar dari sabang hingga Merauke (nusantara) yang berkomitmen membantu pemerintah Presiden Jokowi dalam sukses Pemilu 2024.
Acara kegiatan rakornas tersebut dibuka oleh Ketua umum Sobat Jarwo Ibu Tio Martha Maryke, SE. Rakornas  diselenggarakan di RM. Swalayan (Warung Ngereco) Jl. Raya Tuntang, Salatiga, Jawa tengah. Sabtu (10/12/2022).
Dalam sambutannya, Ibu Tio memaparkan maksud dan tujuan dilakukannya Rakornas Organisasi Solidaritas Sahabat Jaringan Legowo. Sobat Jarwo memandang perlu merubah bentuk organisasi yang tadinya Relawan, kini menjadi Ormas Nasional yang didasari legalitas formal. Hal tersebut dilakukan agar Sobat Jarwo dapat berkiprah secara maksimal mengawal dan berperan aktif dalam seluruh program pemerintahan Presiden Jokowi, khusus nya sukses Pemilu 2024.
“Untuk mewujudkan hal tersebut, maka dipandang perlu, Sobat Jarwo menggelar agenda Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas). Rakornas yang kami selenggarakan bertujuan untuk sukses konsolidasi organisasi dan membatu pemerintah dalam penguatan pemahaman serta pelaksanaan nilai-nilai Pancasila di semua strata masyarakat,” papar Ketum Sobat Jarwo.
Di samping itu, Ibu Tio menjelaskan akan pentingnya peran Pancasila dalam membentengi bangsa dari ancaman dan
gangguan kelompok-kelompok yang menginginkan perubahan dasar Negara sangat besar. Munculnya gerakan yang menginginkan perubahan dasar Negara Pancasila untuk diganti paham yang lain kini gerakannya semakin nyata, setidaknya di level ide atau gagasan itu sudah ada.
Meski baru sampai di level gagasan, namun hal ini tidak boleh diabaikan, harus ada langkah cepat untuk menangkalnya, salah satunya melalui optimalisasi peran institusi pemerintah, keluarga dan masyarakat.
Menurut hasil sebuah survey independen terkait dengan pendapat publik tentang pergantian dasar Negara menyebutkan, bahwa 47% tidak setuju kalau dasar Negara yakni Pancasila diganti dengan yang lain, 18% menyatakan setuju, dan 35% tidak peduli tentang keduanya.
“Walaupun yang tidak setuju hanya 18%, akan tapi tetap harus diwaspadai, apalagi yang tidak setuju berada pada angka dibawah 50% dan yang tidak bersikap 35%. Pihak yang tidak bersikap itu sangat potensial untuk didekati oleh pihak-pihak yang ingin mengganti Pancasila,” ujar Ibu Tio Martha.
Sebagai konsekuensinya, Ibu Tio berharap kepada para peserta rakornas yang hadir mengatakan, perlu gerakan massif untuk membentengi dan mempertahankan Pancasila, agar gagasan untuk mengganti Pancasila tidak populer dan tidak diminati masyarakat. Pihak yang pasif akan bergeser menjadi setia pada Pancasila. Dalam mengawal pelaksanaan Pancasila, Sobat Jarwo juga menginginkan lahirnya pemimpin-pemimpin bangsa yang Pancasilais, dari pemimpin nasional (Presiden) hingga yang terendah yaitu Kepala Desa.
“Melalui Rapat Koordinasi Nasional ini, Sobat Jarwo sebagai elemen masyarakat mengusulkan aspirasi masyarakat banyak kepada para Ketua Umum partai politik (sebagai penentu politik formal) hanya merekomendasi para pemimpin bangsa yang Pancasilais serta dapat membawa bangsa ini lebih maju sesuai yang diamanatkan para pendiri bangsa,” harap Ibu Tio lebih lanjut.
Berpedoman pada hal tersebut di atas, Sobat Jarwo sebagai elemen masyarakat yang berkomitmen dengan Negara Pancasila memutuskan, sebagai berikut:
1. Menegaskan kembali dukungan totalnya kepada Bapak Ganjar Pranowo
sebagai Capres dalam pilpres 2024 yang wajib diusung dan dimenangkan oleh partai politik yang berkomitmen mengawal Pancasila.
2. Jakarta sebagai kota metropolitan yang merupakan provinsi yang sangat strategis bagi kehidupan berbangsa dan bernegara, harus dipimpin oleh sosok Gubernur yang Pancasilais juga. Sehingga, Sobat Jarwo melalui Rakornas Sobat Jarwo di Kota Salatiga ini, sangat
mendukung aspirasi masyarakat Jakarta yang menghendaki putra Bapak Presiden
Jokowi  Gibran Rakabuming Raka untuk tampil sebagai Calon Gubernur
Jakarta pada pilkada 2024.
Demikian segenap pandangan ormas Sobat Jarwo yang akan ditetapkan dalam Rakornas ini. Atas harapan, keinginan warga bangsa dalam menuju Indonesia yang lebih baik, sejahtera, dan
dapat dinikmati oleh seluruh warga bangsanya.
Para peserta Rakornas Ormas Sobat yang hadir di perhelatan tersebut diantaranya; Ketua DPD Sumatera utara Marihot Tampubolon, Ketua DPD Sumatera selatan, Perwakilan DPD DKI Jakarta Budi Butar butar, Ketua DPD Jawa barat Ali Wardana, Ketua DPD Jawa tengah Meykardo, Perwakilan DPD Yogyakarta Aang Arsani, Perwakilan DPD Kalimantan selatan Ibu Mariana, Ketua DPD Papua barat Ibu Masru’ah, serta para pengurus DPC yang tersebar di Indonesia.
RE/David/Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *