PWI DKI Jakarta Adakan OKK Angkatan Ke-18

RepublikeXpose – Jakarta

PWI DKI Jakarta Barat mengadakan OKK (Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian) angkatan ke-18 yang dihadiri oleh 25 orang jurnalis dari berbagai media 34 peserta dengan mengusung tema : “Melalui OKK Kita Ciptakan Wartawan yang Berintegritas dan Bermartabat” di kantor PWI DKI Jakarta di Gedung Prasada Sasana Karya lantai 9 Jalan Suryopranoto Jakarta Pusat, Kamis (10/10/2024

Orientasi ini diadakan untuk memberikan wawasan kepada peserta agar menjadi wartawan yang mengerti mengenai KEJ serta
hak dan kewajiban sebagai anggota PWI.

Materi pertama yang dijabarkan oleh Kadirah selaku Wakil Ketua Bidang Pembinaan Daerah adalah tentang Peraturan Dasar (PD) dan Peraturan Rumah Tangga (PRD) PWI DKI Jakarta.

“Setiap anggota PWI wajib mentaati peraturan yang dibuat oleh PWI berdasarkan Peraturan Dasar (PD), Peraturan Rumah Tangga (PRT), Kode Etik Jurnalistik (KEJ), dan Kode Perilaku Wartawan (KPW),” tutur Kadirah.

Keanggotaan PWI terdiri dari :

  • Anggota Muda
  • Anggota Biasa
  • Anggota Kehormatan/Anggota Luar Biasa

Lanjut kadirah, setelah menjadi Anggota Muda selama 2 (dua) tahun bisa lanjut menjadi Anggota Biasa dan harus sudah lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

Sedangkan Anggota Kehormatan/Anggota Luar Biasa diberikan kepada tokoh tokoh yang sudah berkontribusi dalam perkembangan pers nasional.

Materi kedua diterangkan oleh Anggota Dewan Kehormatan Ronny Kusuma mengenai UU Pers, Kode Etik Jurnalis (KEJ) dan Kode Perilaku Wartawan (KPW) serta Pedoman Pemberitaan Ramah Anak (PPRA).

Kode Etik Jurnalistik menerangkan tata cara menjalankan profesi sebagai wartawan yaitu mengenai sikap, mengolah dan membuat berita, melindungi narasumber dan penyelesaian masalah.

Pedomanan Pemberitaan Ramah Anak (PRPA) menjelaskan bahwa anak berumur dibawah 16 tahun yang terlibat masalah hukum tidak boleh disebutkan nama, alamat, orang tuanya dalam pemberitaan ramah anak.

“Pemberitaan berimbang harus mengkonfirmasi kepada kedua belah pihak dari narasumber dan yang akan diberitakan,” ujar Ronny.

Materi ketiga adalah Teknik Penulisan di Era Mesia Digital dan Contoh Judul Berita Sesuai SEO yang disampaikan oleh Wakil Ketua Bidang Pendidikan PWI DKI Jakarta, Ir. Indra Utama, M.Pwk.

“Dalam penulisan berita di media digital yang terpenting adalah pemahaman karakteristik media digitalnya.

“Apa yang menjadi masalah/peristiwa yang terjadi, harus akurat dan cepat,” lanjutnya.

Media digital harus mempunyai kata kunci yang dapat menarik minat pembaca.

“Bahasa dalam berita harus ringkas, jelas, netral dan objektif,” pungkas Indra.

Orientasi ini diakhiri dengan Essay (Penulisan Berita) oleh masing masing peserta orientasi.

(Red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *