Ormas Forkabi Ingin Budaya Betawi Menjadi Garda Terdepan di DKI Jakarta

News34 Dilihat
Jakarta,  RepublikeXpose.com
Masih dalam semarak memperingati HUT DKI Jakarta yang 495 tahun, Organisasi Masyarakat Forum Komunikasi Anak Betawi (Forkabi) wilayah Jakarta Barat menggelar acara pentas seni budaya Betawi, bazaar makanan Betawi dan hiburan band Betawi yang menampilkan Sueb Band di jalan Puri Kembangan CNI, pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 25 S/d 26 Juni 2022.
Dalam acara kegiatan tersebut, Forkabi Jakbar berharap agar generasi muda khususnya putra – putri Betawi untuk terus berkreasi melestarikan dan menjaga budaya Betawi agar berkembang maju di tengah kencangnya modernisasi di tanah Betawi.
Hal itu diungkapkan Nashory salah satu perwakilan pengurus Ormas Forkabi DPD Jakarta Barat saat pembukaan acara semarak HUT DKI Jakarta yang Ke-495 tahun.
“Kita semua berharap agar generasi muda yang ada di wilayah Ibukota DKI Jakarta dapat menjadi contoh agar selalu bisa terus melestarikan budaya Betawi agar jangan sampe punah dimakan jaman” ujar Nashori kepada awak media.
Lebih lanjut, Nashori mengatakan bahwa kita ini hidup di DKI Jakarta, kita ini orang asli Jakarta yang biasa disebut putra – putri asli betawi, yang dimana wajib bagi kita untuk terus melestarikan budaya betawi, karena budaya betawi itu adalah jatidiri kita sebagai warga DKI Jakarta Khususnya Betawi. 
Dalam kesempatan yang sama, saat ditemui Agoes Bison dari pengurus ormas Forkabi wilayah kelurahan Wijaya Kusuma mengatakan Ia dan kawan-kawan lainnya menuai harapan.
“Kita berharap dan menginginkan agar budaya Betawi menjadi budaya yang bisa diterima oleh masyarakat luas dan menjadi nomor satu dalam pelestarian di Indonesia” harapnya. 
“Kita di ormas Forkabi juga sudah selalu bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan Jakarta Barat dan Tiga Pilar Jakarta Barat untuk lebih mantap lagi dalam mengelola dan terus melestarikan budaya betawi khususnya di wilayah Jakarta Barat” lanjut Agoes. 
Tambahnya, ia juga berharap di HUT DKI Jakarta Ke-495 tahun dengan tema Jakarta Hajatan (Kolaborasi, Akselerasi dan Elevasi), agar Ibukota DKI Jakarta tercinta akan terus dicintai masyarakat. Kotanya maju berkembang pesat, aman, damai dan selalu jaya.
“Daerah lain bisa kenapa kita tidak bisa, Bali saja bisa menjadikan budayanya terdepan, kenapa kita warga jakarta tidak bisa, kita pasti bisa asalkan kita generasi muda terus memupuk dan mengembangkan budaya betawi sebagai tuan rumah di tanah betawi, intinya kita harus saling bergandeng tangan untuk maju bersama” tutupnya. 
Untuk diketahui, dalam rangka menyemarakkan HUT DKI Jakarta yang ke-495 tahun ini, Ormas Forkabi wilayah Jakarta Barat yang dipimpin seorang tokoh muda yang sudah tidak asing lagi yakni H. Sarmili.SH ini, mengelar acara festival silat Betawi, kesenian betawi dan hiburan band betawi selama 2 hari kedepan.
“Kita buka untuk umum agar bisa dinikmati masyarakat luas di Kawasan Puri Kembangan, Jakarta Barat” kata H. Sarmili Ketua DPD Forkabi Jakarta Barat.
RE/Sukirman/Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *