8 Atlet Kabupaten Humbahas Ikuti PON XXI Aceh Sumut

RepublikeXpose – Doloksanggul

Presiden RI Ir Joko Widodo secara resmi membuka Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024, Senin (9/9/2004) malam di Stadion Harapan Bangsa (SHB) Aceh. Pembukaan PON bertepatan dengan Hari Olahraga Nasional (Haornas). Presiden sangat mengapresiasi Pemerintah Daerah dan masyarakat Aceh yang telah menjadi tuan rumah penyelenggaraan PON XXI sebagai ajang olahraga terbesar di Indonesia.

Presiden Joko Widodo berada di Aceh bersama Menpora Dito Ariotedjo dan Ketua KONI Marciano Norman dan lainnya termasuk Atlet panjat tebing peraih medali emas Olimpiade Paris 2024 Veddriq Leonardo dan menjadi wakil dari para kontestan untuk membacakan janji atlet.

Presiden mengatakan, PON XXI Aceh-Sumut 2024 bukan sekedar kompetisi, melainkan sebagai ajang untuk melahirkan atlet-atlet terbaik bangsa. PON harus menjadi wadah lahirnya lebih banyak pemecah rekor dunia serta calon peraih medali emas di ajang internasional seperti SEA Games, Asian Games termasuk Olimpiade. “Namun yang lebih penting PON ini adalah ajang untuk kita semakin mempererat persatuan, semakin memperkokoh tali persaudaraan sebagai sebuah bangsa. Oleh sebab itu, saya minta betul junjung tinggi sportivitas dan fair play,” tegas Presiden Joko Widodo.

PON XXI diselenggarakan di dua provinsi yakni Aceh dan Sumatra Utara, menjadi simbol persatuan Indonesia dalam keragaman. Dengan total 65 cabang olahraga yang dipertandingkan, event ini diharapkan menjadi panggung prestasi yang tidak hanya membanggakan masyarakat daerah tetapi juga seluruh rakyat Indonesia.
Menpora RI, Dito Ariotedjo menjelaskan PON XXI ini menjadi spesial karena menghidupkan kembali sejarah panjang olahraga nasional karena digelar di tanggal yang sama dengan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas). “Haornas adalah tanggal pembukaan pertama di Solo 1948. Hal ini tidak terlepas dari keinginan bapak Presiden yang selalu ingin mendukung perkembangan prestasi olahraga Indonesia,” ujar Dito. PON 2024 mengusung tema “Ayo Olahraga, Bersatu Kita Juara”. Harapannya masyarakat semakin gemar olahraga dan meningkatkan kebugaran dan bisa jadi alat pemersatu bangsa dan meningkatkan prestasi olahraga nasional hingga dunia.

Ketua KONI Marciano Norman juga mengatakan PON XXI berbeda karena diselenggarakan di dua provinsi dan diikuti 38 kontingen. “Kami optimistis PON bisa bisa berjalan optimal dan mencapai empat sukses yaitu sukses prestasi, sukses penyelenggaraan, sukses ekonomi kerakyatan, dan sukses administrasi,” kata Marciano Norman.

Pembukaan PON juga disaksikan warga Sumatera Utara melalui daring di Stadion Baharuddin Siregar Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang. Pembukaan PON di Deli Serdang diikuti Bupati Humbahas diwakili Sekda Chiristison Rudianto Marbun M.Pd bersama Kadis Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Jakkon H Marbun.

Jakkon Marbun mengatakan pembukaan PON XXI di Lubuk Pakam Sumatera Utara cukup meriah dengan tampilnya hiburan dan defile, sama seperti di Aceh. PON XXI berlangsung 9-20 September 2024 namun rangkaian kompetisi PON 2024 sudah bergulir sejak 28 Agustus 2024. PON tahun ini mempertandingkan sebanyak 65 cabang olahraga yang melibatkan hampir 13.000 atlet.

Ada 8 atlet mewakili Kabupaten Humbang Hasundutan dan 2 orang pelatih untuk mengikuti PON XXI yaitu Joko Suranta Sinuhaji dan Mei Sihombing (Pelatih). Atlet yaitu Rustika Sibagariang (Lempar Lembing), Tiara Ayu Lestari Pasaribu (Dance Sport), Anjelina Noviati Pasaribu (Gulat), Elisabeth Tenny Lumbangaol (Hoki Indoor Putri), Santa Nunut Hutasoit (Hoki Indoor Putri), Krisjon Parningotan Simorangkir (Judo), Sepri Sisri Simarmata (Futsal Putri) dan Samuel Marbun (Wushu Sandra).

(Red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *