Terkait Pembinaan Dan Perpanjang Akreditas, Kanwil Kemenkumham Kunker Ke LBH Surya NTT

RepublikeXpose – Kota Kupang

Kunjungan Kerja (Kunker) Tim Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Republik Indinesia (RI) dan Kantor Wilayah Hukum dan HAM ( Kemenhumham) Nusa Tenggara Timur (NTT) , Kamis 25 Juli 2024, mendapat sambutan hangat Pendiri dan Pengawas LBH Surya NTT, Herry FF. Battileo, S H., M.H. beserta para Advokat dan Paralegal.

Kunker ini dalam rangka pembinaan , pengawasan dan asistensi yang berdampak pada perpanjangan akreditasi bagi LBH Surya NTT yang saat ini terakreditasi C.

Terpantau Tim Kanwil Kemenkumham ini dipimpin Edi S.H. verifikasi dan perpanjangan sertifikasi PBH dan Penyuluh Hukum Ahli Muda dari Badan Pembinaan Hukum Nasional Kementerian Hukum dan HAM RI, bersama rekannya Idham Adriansyah (pranata komputer ahli muda) Badan Pembinaan Hukum Nasional Kemenkumham RI serta Khaedar dan Roland Nalle dari Kanwil Kemenkumham NTT.

Pendiri dan Pengawas LBH Surya NTT, Herry Battileo, S.H., M.H. dalam kesempatan itu menyampaikan, LBH Surya NTT sangat dikenal oleh masyarakat terkhusus masyarakat kurang mampu yang mencari keadilan karena setiap apapun kegiatan LBH Surya NTT pihaknya selalu publikasikan lewat media.

“Saat ini LBH Surya NTT pusat kota Kupang memiliki 9 advokat senior dan 16 advokat baru. 16 advokat baru ini rata-rata berproses dari paralegal dan advokat magang di LBH Surya NTT, termasuk 5 kabupaten dan kota Kupang yang sudah terakreditasi,” ungkap Ketua DPW Media Online Indonesia (MOI) NTT ini.

Herry menjelaskan, masyarakat yang mengadu persoalannya ke LBH Surya NTT sangat banyak, sehingga paralegal dan Advokat magang di LBH sudah terbentuk, dilatih dalam menangani perkara.

“Kami LBH Surya NTT dikenal masyarakat karena selain promosi di media juga kami memasang baliho dan spanduk di jalan-jalan protokol di Kupang. itu mengeluarkan biaya yang cukup banyak. Dan Itu dari kantong pribadi,” tutur pengacara terkemuka NTT.

Dikatakannya, saat ini perkara yang paling banyak ditangani di LBH Surya NTT adalah persoalan penceraian, kasus kekerasan anak (KDRT) dan persoalan perdata tanah.

Terima kasih atas kunjungan dan asistensi dari tim akreditasi Kemenhumham dan berharap agar akreditasi LBH Surya NTT bisa naik menjadi B kerena kami sudah lama melakukan pendampingan bagi masyarakat kurang mampu semenjak 2013 lalu.

Ketua tim Kemenhumham, Edi dalam kesempatan itu mengucapkan terima kasih kepada LBH Surya NTT yang sudah menerima pihaknya.

“Kegiatan ini dalam rangka pembinaan, pengawasan dan asistensi perpanjangan akreditasi OBH. Kami melihat LBH Surya NTT sudah cukup lama berdiri khususnya di Kupang dan di propinsi NTT,” ucap Edi.

Edi berharap LBH Surya NTT tetap semangat, lebih meningkatkan layanan bantuan hukum bukan hanya di LBH Surya NTT Kantor pusat, tapi juga di cabang-cabangnya.

“Mudah – mudahan semangat itu terus tumbuh dan digelorakan dalam memberikan keadilan dan kepastian hukum bagi masyarakat kurang mampu di kota Kupang dan NTT,” harapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *