Bupati Toba Serahkan Bantuan Sembako Untuk Korban Bencana Puting Beliung

Berita Daerah36 Dilihat
RepublikeXpose – Balige, 22 Mei 2023

Usai mengikuti ibadah pesta pembangunan Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Resort Lumban Julu, Bupati Toba, Poltak Sitorus menyempatkan diri menjenguk korban bencana alam puting beliung di Desa Lumban Gaol, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, Minggu (21/5/2023) siang. 
Pada kesempatan itu, bupati didampingi ketua PPK Nyonya Rita Marlina Poltak Sitorus dan sejumlah pimpinan perangkat daerah serta anggota DPRD St.Sabaruddin Tambunan dan Frans Hendrik Tambunan, seraya menyerahkan bantuan sembako berupa beras, telur, mie instan, gula, minyak goreng, bubuk teh dan kopi. 
“Kami baru pulang gereja, dan tadi firman Tuhan mengatakan bahwa kita harus berpengharapan kepada Tuhan. Di balik bencana ini Tuhan sediakan rencana baik untuk kita, karena itu tetaplah berpegang dan berpengharapan kepada Tuhan,” ujarnya menguatkan masyarakat yang menjadi korban.
Selain menyerahkan bantuan, Bupati Toba juga memanjatkan doa dengan adat Batak “manjomput si pir ni tondi” kepada para korban bencana. Dirinya juga mengimbau agar masyarakat waspada cuaca ekstrem termasuk longsor dan ancaman bencana lainnya. 
“Hari ini kita berikan bantuan sembako, semoga ini dapat meringankan beban saudara-saudara kita yang menjadi korban. Besok kita juga akan kirim bantuan berupa material bangunan, agar atap rumah warga bisa segera diperbaiki,” ujarnya. 
Berdasarkan keterangan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Toba, Lalo Hartono Simanjuntak, sejak beberapa hari terakhir bencana puting beliung menerpa beberapa desa di Kabupaten Toba.
Di antaranya Desa Lumban Gaol 15 , Desa Baruara 5 rumah, Kelurahan Pardede Onan 2 rumah, Desa Lumban Silintong 2 rumah, Desa Lumban Pea 1 rumah di Kecamatan Balige pada Sabtu (20/5/2023). 
Sementara kecamatan lain yang terkena bencana puting beliung  di Kecamatan Uluan, tepatnya di Desa Siregar Aek Nalas 10 rumah dan Desa Sigaol 1 rumah yang terjadi pada Jumat (19/5/2023) lalu. (M Sormin/Diskominfo)
(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *