*Menteri Suharso Berharap Dukungan UNDP dalam Mencapai SDGs di Indonesia*

News31 Dilihat
Jakarta, Republikexpose.com
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa menerima audiensi UNDP Resident Representative, Mr. Norimasa Shimomura, Selasa (5/10/2021).
Sebagaimana diketahui, UNDP telah mendukung Bappenas dalam membentuk Sekretariat Nasional SDGs Indonesia, penyusunan Road Map SDGs, Rencana Aksi Nasional, dan Kajian Nasional Sukarela Indonesia Tahun 2017, 2019, dan 2021. 
“Dalam beberapa tahun terakhir, kami telah bekerja sama dan melibatkan partisipasi pemangku kepentingan lainnya dalam mendirikan SDGs Academy, SDGs Financing Hub, dan menggali lebih jauh tentang pembiayaan inovatif,” ujar Menteri.
Menurutnya, pandemi Covid-19 yang belum pernah terjadi sebelumnya membuat pencapaian SDGs semakin menantang. 
Dalam Konferensi Tahunan SDGs tahun lalu, Presiden Joko Widodo telah mengamanatkan untuk terus mencapai SDGs tanpa mengurangi targetnya, meski di tengah pandemi. 
“Oleh karena itu, saya prihatin dengan melebarnya kesenjangan pembiayaan dalam pencapaian SDGs. Sebagaimana dianalisis dalam Roadmap SDGs Indonesia, bahkan sebelum pandemi kesenjangan pembiayaan SDGd sudah tinggi. Diperkirakan dengan skenario tinggi, kami membutuhkan sekitar USD 1 Triliun untuk mencapai semua target hingga tahun 2030,” tuturnya.
Berkaitan dengan pembiayaan SDGs, Indonesia merupakan salah satu negara pelopor Integrated National Financial Framework (INFF). 
“Kami percaya bahwa INFF dapat membawa pendekatan yang lebih sistematis dan holistik dalam pembiayaan, sementara pada saat yang sama lebih mengoptimalkan mekanisme pembiayaan yang inovatif,” ucap Menteri
Oleh karena itu, Menteri menekankan pentingnya operasionalisasi SDGs Financing Hub untuk mengatur pembiayaan dalam mempercepat pencapaian SDGs. SDGs Financing Hub berfungsi sebagai platform untuk koordinasi pembiayaan, pembuatan kecocokan proyek, dan pengumpulan pembiayaan inovatif.
Mengakhiri pertemuan tersebut Menteri menyampaikan harapannya dalam dukungan berkelanjutan dari para ahli dan praktik terbaik internasional UNDP untuk mempercepat pencapaian SDGs di Indonesia.
# HLN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *