Bersama Motor Revo Siap Menuju Senayan

RepublikeXpose – Kupang

Sejarah adalah guru kehidupan yang menjadi modal utama bagi yang ingin meraih sukses dalam menggapai impian (Historia Vitae Magistra Est). Banyak orang yang berhasil karena memiliki banyak pengalaman. Mereka telah belajar dari pengalaman pengalaman yang sudah dilalui. Kebanyakan orang yang sukses karena telah melewati pengalaman yang pahit bahkan menyedihkan.

Siapa yang tak kenal dengan sosok yang satu ini, mudah senyum, bersahabat, berwibawa, tegas, disiplin, familiar dan merakyat. Namanya juga tak asing bagi seluruh elemen masyarakat NTT khususnya kaum muda, siswa/siswi yang pernah menuntut ilmu pada Universitas Nusa Cendana Kupang, dia adalah Drs Joni Justus Arnolus Ninu, M.Pd.

“Saya ingin memberikan yang terbaik bagi masyarakat dan akan terus berjuang menjangkau mereka yang belum terjangkau, khususnya pelayanan di bidang pendidikan, pertanian, peternakan, air bersih bagi warga yang masih kekurangan,” ungkapnya saat ditemui awak media ini terkait kesiapannya dalam menghadapi ajang Pileg 2O24 – 2029, Kamis (7/12/2023).

Sosok sederhana namun tegas dalam prinsip, saat ini menjadi Calon Tetap DPR RI 2024-2029 dari Partai Amanat Nasional (PAN) Nomor Urut 6 Dapil NTT 2, yang meliputi Timor, Sumba Rote dan Sabu.

Berbagai persiapan (maaf bukan siap uang), telah dilakukan olehnya, yakni dengan membentuk tim kerja, tim keluarga, yang pada intinya anggota tim diarahkan dan dibekali untuk membawa isu pendidikan, peternakan, pertanian dan air bersih.

Selain itu, ada pemantapan strategi dengan tetap belajar dari pengalaman pada pileg pileg sebelumnya.

Memiliki moto unik, yakni “Dalam Kesederhanaan, bersama motor Revo siap menuju Senayan”

Ia menambahkan, jika tanpa bantuan semua pihak, Revo pasti akan kandas di tengah jalan.

Ia memohon bantuan, tumpangan tangan untuk mendukung dengan keiklasan dan ketulusan hatinya untuk maju sebagai Calon Legislatif siap bertarung di Pileg 14 Februari 2024 mendatang.

Ternyata motivasi putra Timor Amanatun TTS ini dengan segudang pengalaman organisasi baik di bidang pendidikan, organisasi pemuda dan mahasiswa serta pelayanan di bidang gereja dan organisasi sosial kemasyarakatan lainnya.

Ia melihat masih banyak masyarakat di desa yang belum sepenuhnya tersentuh dengan pelayanan, khususnya di bidang Pendidikan, Pertanian, Peternakan dan ketersediaan air bersih.

“Saya termotivasi karena masih banyak masyarakat yang belum mendapat perhatian,” ujarnya.

Karna itu jika kelak terpilih maka ia akan memperhatikan masyarakat, khususnya pada beberapa bidang layanan tersebut. Menurutnya, beberapa hal tersebut merupakan kebutuhan pokok yang belum terpenuhi.

Masih banyak anak yang tidak bersekolah layak, banyak kelompok tani dan ternak yang telah terbentuk namun hanya sebagai kelompok terpolitisasi dan tidak didukung oleh manajerial pengelolaan yang baik serta modal usaha yang cukup.

“Saya sudah melakukan survei dan hasilnya banyak anak yang tidak bersekolah,karena kekurangan air bersih, banyak kelompok tani yang tidak memiliki alat pertanian, banyak masyarakat yang ingin beternak namun tanpa memiliki modal,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, menjadi wakil rakyat harus memperjuangkan aspirasi masyarakat, bukan hanya datang, duduk, diam, dengar, dapat, duit. (6D). Karena faktanya ada anggota DPR yang tidak pernah terdengar suaranya untuk berbicara tentang kepentingan rakyat.

Oleh karna itu  ia menegaskan  jika dirinya diijinkan Tuhan melalui suara rakyat dan alam serta kekuatan para leluhur untuk menjadi anggota DPR RI, ia akan siap berbicara dan berjuang demi kepentingan masyarakat. Selain itu dirinya siap membangun komunikasi dengan berbagai pihak agar mendapatkan jalan keluar penanganan masalah masalah yang dihadapi oleh masyarakat.

Tak lupa ia berterima kasih kepada Tuhan dan juga jajaran Pengurus Partai Amanat Nasional (PAN) dari Tingkat Pusat hingga ke Daerah dan Desa atas kepercayaan untuk dirinya maju di Pileg 2024 – 2029, sambil memohon doa dan dukungan dari seluruh masyarakat di Dapil NTT 2.

Berikut biodata Sang Caleg Partai Amanat Nasional ini :

Nama : Drs Joni Justus Arnolus Ninu, M.Pd.

TTL : Oele’u TTS, 28 Juni 1965

Alamat : RT. 15 / RW. 06 Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang.

Nomor Kontak : HP.081353977972, WA.082146487170.

Riwayat Pendidikan :

SD Negeri Bimate, Kecamatan Amanatun Utara.

SMP Kristen Put’ain, Kecamatan Amanatun Utara.

SPG Negeri Soe,TTS

S1 : Pendidikan Sejarah FKIP UNDANA Kupang

S2 : Magister Pendidikan IPS, UNDANA, Kupang

Pekerjaan : Asisten Dosen FKIP UNDANA, Tahun 1991- 1993.

Dosen Tetap (PNS), pada
Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP Undana Kupang, Tahun 1993 – 2023.

Purna Tugas Dosen Undana 1 mei 2023.

Data Keluarga :

Istri : Melati Susiana Djo.

TTL : Bodae Sabu, 24-03-1964.

Pekerjaan istri : Pensiunan PNS.

Anak-Anak :

-Ekaristy Christianty Sunday Majesty Ninu,

-dr. Joy Januari Almighty Solideo Ninu.

-Sri Mega .S.V.Nunu, S.H., M.H.

-Angel Evangelist. F.S. Ninu, S.E.

-Niccolo Yanthonius .A.A. Ninu.

-Missionary Ham Kilo Konis Ninu.

Pengalaman organisasi yang pernah di geluti :

1.GMKI Cabang Kupang

2.Resimen Mahasiswa Menmahadana Undana , Kupang

3.Pendiri Ikatan Pemuda dan Mahasiswa Onam(IPMO)

4.Ketua Ikatan Pemuda dan Mahasiswa Timor Tengah Selatan Kupang

5.Penasehat/Pembina Ikatan Mahasiswa Amanatun ( IMAN) Kupang

6.Penasehat Ikatan Mahasiswa Amanuban ( IKMABAN) Kupang.

7.Pendiri Jemaat Eklesia Nekon , Fatule’u , Kabupaten Kupang.

8.Pendiri Jemaat Diaspora Danau Ina, Oesapa kota Kupang

9.Perancang Bangun Bakal Jemaat Injili Lazarus Oeloli Tilong, Kupang.

10.Ketua Kaum Bapak Klasis Kota Kupang Timur.

11.Pembina Mahasiswa Generasi Muda Anas TTS 

12.Pembina PERMATOS (Perhimpunan Mahasiswa Toianas).

13.Penasehat Forom Studi Foto Money TTS Kupang.

14.Pembina dan Penasehat Ikatan Mahasiswa Amanatun Timur (IKMATIM)

15.Pembina Pah Amasat (Perhimpunan Mahasiswa Amanuban Selatan dan Kuanfatu).

16.Ketua RT 15 Kelurahan Oesapa, selama 20 Tahun.

17.Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Indonesia ( IARMI) , Kupang.

18.Majelis Umat Kristen Indonesia ( MUKI) Kupang.

19.Alumni Sejarah Nusa Tenggara Timur, Kupang.

Dengan mengakhiri semuanya ini, Joni Ninu menambahkan bahwa sejak jaman Reformasi tahun 1998 hingga saat ini, kurang lebih 25 tahun telah berlalu, Kabupaten TTS tidak pernah ada wakilnya di Senayan. Banyak politisi dari luar TTS yang selalu mengail rejeki politik di TTS, pada hal TTS memiliki pemilih terbanyak di Provinsi NTT.

“TTS sebagai Kabupaten terluas, dengan jumlah pemilih sebanyak 350 ribu lebih pemilih namun tidak ada satu orang TTS pun yang mewakili orang Timor untuk berkiprah di Senayan. Setiap kali menghadapi Pileg, Kabupaten TTS hanya menjadi lahan empuk bagi para politisi dari luar TTS,” tutur Joni.

Ia berjanji jika Tuhan berkenan dan ia terpilih pada 14/02/2024 nanti, ia pasti membawa kembali Pilu (Destar) Meo Naek TTS yang sudah pernah dinobatkan kepada salah satu politisi luar TTS pada momen pileg kali lalu.

“Pilu (Destar) itu namanya Pilu Meo Naek TTS, dan sementara kita belum tahu keberadaanya, namun yang pasti bahwa Pilu tersebut ada di Jakarta,” tutup Joni, yang juga Sejarawan TTS, sekaligus mantan akademisi UNDANA Kupang ini. (TiM NTT).

(Red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *