Marinir TNI AL Bersama Tentara Amerika Bangun Jalan pada ENCAP Super Garuda Shield 17/23

RepublikeXpose – Jakarta

Jalesveva Jayamahe

Prajurit TNI Angkatan Laut Pasmar 2 Korps Marinir bersama dengan personel US Indopacom (United States Indo-Pacific Command) melaksanakan sejumlah kegiatan Engineering Civic Action Program (ENCAP) Super Garuda Shield 2023, diantaranya perbaikan jalan, perbaikan dan pembangunan fasilitas umum di Desa Sumberwaru Kecamatan Banyuputih Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Kamis (24/8/2023).

Kegiatan ENCAP dimulai pada tanggal 19 Agustus 2023 sampai dengan 12 September 2023 ditargetkan melaksanakan perbaikan jalan berupa pengerasan Jl Tank di Pusat Latihan Tempur 5 (PLP 5) Baluran dan renovasi SD Negeri 02 Sumber Rejo, Situbondo. Kegiatan ini melibatkan personel Marinir TNI AL dan US Army dari US Indopacom, menggunakan berbagai peralatan digunakan untuk pembangunan infrastruktur tersebut.

Dikatakan oleh Komandan Pasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Y. Rudy Sulistyanto dalam kesempatan ini bahwa latihan Super Garuda Shield dirancang untuk memperkuat interoperabilitas, skill, rasa saling percaya, dan kerja sama dalam upaya menciptakan stabilitas keamanan di wilayah Indo-Pasifik.

Latihan bersama tahunan antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Komando Indo-Pasifik AS (INDOPACOM) bertajuk Super Garuda Shield ini, rencananya akan diikuti oleh 22 negara, akan digelar pada awal September 2023 mendatang di Situbondo Jawa Timur.

Ditempat terpisah Kepala Staf Angkatan Luat (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali menegaskan bahwa peningkatan kerjasama khususnya dibidang latihan dengan negara sahabat menjadi salah satu prioritas.

“Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam bentuk Latihan Bersama antar negara, hingga pelaksanaan pendidikan mutlak harus dilaksanakan dengan negara-negara sahabat, guna membentuk prajurit Jalasena yang tangguh, profesional dan berdaya gentar tinggi”, tegas Kasal.

(Red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *