Acara Syukuran Hari Jadi ke-20 Kabupaten Humbahas Meriah di Lapangan Merdeka

RepublikeXpose – Doloksanggul

Syukuran Hari Jadi ke-20 Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) dilaksanakan meriah di Lapangan Merdeka Doloksanggul, Jumat (28/7/2023). Hadirin sorak sorai dan tepuk tangan merayakannya.

Syukuran itu dihadiri Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, Wakil Bupati Oloan Paniaran Nababan, Ketua DPRD Ramses Lumbangaol, Kajari Anthony S.H., Kapolres AKBP Hary Ardianto S.Ik. Dandim 0210/TU Letkol Saiful Rizal, Ketua PN Tarutung Hendra Hutabarat, Sekda Tonny Sihombing, Ketua TP PKK Ny Lidia Dosmar Banjarnahor, Wakil Ketua TP PKK Ny Erma Oloan Paniaran Nababan dan ribuan elemen masyarakat.

Dalam kegiatan itu, dilaksanakan deville setiap kecamatan dengan membawa hasil bumi masing-masing. Penampilan Marching Band dari SMPN 2 Doloksanggul dan SMP Santa Lusia Doloksanggul membuat suasana semakin meriah.

Revitalisasi budaya daerah yang dipersembahkan siswa SD dan SMP yaitu umpasa dari SD 173357 Baktiraja, Standup komedi dari SD 176495 Parnapa, tembang tradisi dari SMPN 1 .Doloksanggul dan marturasi dari SD 173315 Silaban Kecamatan Lintongnihuta. Bukan hanya itu saja, sendratari dari Sanggar Seni Nabasa dan Sanggar Seni Maduma juga ditampilkan sehingga membuat para undangan terpesona dan melambai-lambaikan kedua tangan.

HUT ke-20 Kabupaten Humbahas, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, memberikan beasiswa kepada siswa berprestasi tahap I tingkat mahasiswa, yaitu Vinsensius Raymond Sihombing dari Universitas Hasanuddin program Peternakan dengan (IP 3,75), Josua Gabriel Lumbangaol dari Universitas Diponegoro Ilmu Kelautan (IP 3,74), Patricia Astuti Silaban dari Universitas Diponegoro Hukum (IP 3,39). Ketiganya duduk dibangku kuliah tahun 2021. Tingkat siswa, Ricky F Lumbanbatu (SMA Yayasan Tunas Bangsa Soposurung Balige kelas XI) dan Glori EPR Silaban (SMA Del Laguboti kelas XI).

Bupati Humbahas dalam sambutannya menekankan, tidak terasa Kabupaten Humbang Hasundutan genap berusia 20 tahun, tepatnya tanggal 28 Juli 2023. Perjalanan dalam rentang 20 tahun ini, ungkapnya, penuh dengan dinamika dan perjuangan. Sebuah daerah yang dulu tertinggal sebelum terbentuk Kabupaten Humbang Hasundutan, kini telah menjadi kabupaten yang maju meskipun usianya relatif muda, ibarat remaja yang sudah memasuki dewasa. Maka acara syukuran ini menjadi sangat bermakna bagi semua masyarakat Humbang Hasundutan, tandanya semangat. Bupati atas nama Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan menyampaikan selamat ulang tahun ke-20 Kabupaten Humbang Hasundutan kepada masyarakat Humbahas dimana pun berada.

“Mari kita jadikan hari ulang tahun ini sebuah peringatan untuk melihat masa lalu sebuah mata rantai bersejarah dan masa lalu yang sangat bernilai sebagai referensi untuk menapaki masa kini dan masa depan yang gemilang,” katanya.

“Sebagai masyarakat Humbahas, kita wajib bersyukur dengan menjadikan hari kelahiran Kabupaten Humbahas sebagai sebuah inspirasi dan motivasi untuk mengisi kembali setiap detik perjuangan kehidupan yang kita cintai ini dengan karya dan prestasi serta dengan kerja produktif demi meraih cita-cita dan harapan akan masa depan yang lebih baik dan sejahtera penuh suka cita,” lanjutnya.

Dosmar Banjarnahor juga mengajak generasi penerus untuk menjadikan sejarah pembentukan Kabupaten Humbang Hasundutan sebuah untaian peristiwa penuh makna dan hikmat untuk selalu mengedepankan persatuan dan kesatuan dan karya nyata yang dapat dinikmati oleh masyarakat banyak khususnya Humbahas. (M Sormin).

(Red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *