Wakil Bupati Toba Buka Acara Pelatihan Potensi SAR Teknis Pencarian dan Pertolongan di Permukaan Air

Berita Daerah33 Dilihat
RepublikeXpose – Senin, 22 Mei 2023
Wakil Bupati Toba, Tonny M. Simanjuntak membuka secara resmi  Pelatihan Potensi Search and Rescue (SAR) Teknis Pencarian dan Pertolongan di Permukaan Air Angkatan I Tahun 2023 yang digelar oleh Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Medan, di Wisma Pora Pora Tiga Raja, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, pada Senin, 22 Mei 2023. 
Acara pelatihan sebagaimana siaran Pers Diskominfo, diikuti  50 (lima puluh) peserta yang berasal dari berbagai instansi dan organisasi di kawasan Danau Toba. Acara pembukaan Pelatihan Potensi SAR Teknis Pencarian dan Pertolongan di Permukaan Air dihadiri oleh Kepala Pusat Data dan Informasi Basarnas, Didi Hamzar, S. Sos, M.M, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Medan, Budiono, S.E, M.M, Danramil XI Parapat, Richard Pasaribu, para Kalaksa BPBD kawasan Danau Toba, Ketua Komunitas Peduli Sungai Bah Bolon, Ketua Komunitas Toba Bolang Adventure, dan Ketua Komunitas Tao Toba Tamado.
Dalam arahannya, Kepala Pusat Data dan Informasi Basarnas, Didi Hamzar S.Sos, M.M  menyampaikan bahwa Danau Toba merupakan destinasi pariwisata super prioritas yang dikunjungi oleh banyak wisatawan , oleh karena itu diperlukan pelatihan potensi SAR teknis pencarian dan pertolongan di permukaan air demi keamanan dan kenyamanan para wisatawan.
“Danau Toba sudah dikenal oleh banyak orang, saya juga memiliki kesan yang bagus tentang Danau Toba, oleh karena itu diperlukan kesiapan kita untuk memberikan keamanan bagi wisatawan,” ucap Didi Hamzar.
Pada kesempatan yang sama,  Wakil Bupati Toba Tonny M. Simanjuntak menyampaikan harapan agar potensi Sumber Daya Manusia (SDM) di kawasan Danau Toba di bidang olahraga berenang dapat dimanfaatkan untuk pertolongan di kawasan wisata air. 
“Mewakili Pemerintah Kabupaten Toba, saya mengapresiasi kegiatan pelatihan ini, semoga kegiatan ini dapat terus berlanjut untuk menciptakan sinergi di kawasan Danau Toba dalam bidang teknis pencarian dan pertolongan di permukaan air. Mari kita manfaatkan potensi SDM di kawasan Danau Toba. Saya juga berharap agar SOP keselamatan di kawasan wisata Danau Toba segera rampung dan dapat dipedomani ,” ucap Wakil Bupati Toba, seraya mengimbau para peserta pelatihan agar mengikuti rangkaian pelatihan pencarian dan pertolongan di permukaan air dengan baik dan serius hingga tanggal 26 Mei nanti, dengan harapan BPBD masing-masing Kabupaten semakin tangguh dalam menghadapi bencana yang ada. 
Turut hadir mendampingi Wakil Bupati Toba, Kepala BPBD Kabupaten Toba, Pontas Batubara. (M Sormin).
(Red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *