TP-PKK Kabupaten Toba Membina Kecamatan Silaen Kategori IVA

Berita Daerah36 Dilihat
Balige, RepublikeXpose.com
Ketua TP-PKK Kabupaten Toba, Ny. Rita Marlina Poltak Sitorus bersama tim melakukan pembinaan kepada kaum ibu di Kecamatan Silaen tentang pentingnya  (Inspeksi Visual Asam Asetat) IVA Test yaitu deteksi dini kanker serviks .
Acara pembinaan Kecamatan Silaen sebagai Binaan Kategori IVA  digelar di Balai Pertemuan Kecamatan Silaen, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatra Utara,Jumat (14/4/2023).
Mengingat kanker serviks merupakan penyakit berbahaya diharapkan semua pihak terkait ambil bagian  menjadi agen penyebarluasan informasi akan pentingnya IVA Test kepada masyarakat lainnya khususnya para ibu rumah tangga usia subur.
Khusus untuk kegiatan Kecamatan Silaen sebagai Kecamatan Binaan PKK Kategori IVA , Rita Marlina berharap selain perlunya peran aktif kaum ibu juga harus menjaga kesehatan dan memelihara kebersihan lingkungan. 
Untuk TP PKK dan instansi terkait agar dibuat segala dokumentasi foto dan video kegiatan di desa , dan selanjutnya mempersiapkan laporan.
“Kita lakukan ini  dengan semangat dan bekerja keras,saling berkomunikasi. Harapan kita ada perubahan yang lebih untuk pembangunan daerah Silaen ini menjadi lebih maju,”katanya dihadapan para kader PKK se-Kecamatan Silaen.
Dalam kesempatan yang juga  dihadiri sejumlah pelajar SMP dan SMA ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Toba melalui Mangapul Pardede  menyosialisasikan bahaya Narkoba dan HIV/Aids. Selain itu diterangkan juga bagaimana hal  pencegahan penyakit Demam Berdarah.
Turut memberikan pembinaan dari dinas terkait seperti PMD PPA,Ketahanan Pangan, Pertanian,Sosial dan Catpilduk.
Mewakili Dinas PMD PPA , Erlince Ompusunggu  kembali mengingatkan perlunya dokumentasi  kegiatan IVA Test untuk memperkaya bahan mengikuti lomba tingkat Provinsi Sumatra Utara.Harapannya Kecamatan Silaen sebagai kecamatan Bina IVA Test  nanti  mendapat 6 besar dalam penilaian.
Sebelum menutup acara, Camat Silaen, Moses Simanjuntak mengucapkan terima kasih kepada TP-PKK Kabupaten Toba dan OPD terkait yang hadir. Ia berharap target IVA Test di Kecamatan Silaen bisa tercapai atau meningkat dengan menyosialisasikan kembali ke tingkat desa.
Turut hadir Kapolsek Silaen,AKP Rudi H Tampubolon, Mewakil Danramil 14/Silaen, Yusrianto.
RE/M Sormin/Diskominfo/Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *