Bupati Toba: Ayo Open Mind, Ajibata Kuat Wisata, Kuat Juga Pertaniannya

Berita Daerah35 Dilihat
Toba, RepublikeXpose.com
Bupati Toba, Poltak Sitorus  memotivasi masyarakat khususnya di  Kecamatan Ajibata agar menyatukan hati, sepemahaman menyatukan konsep dan  tujuan untuk membangun Kabupaten Toba ini.
“Ayo open mind (membuka pikiran).Mari seia sekata selaras  sehingga masuklah  anggaran pembangunan ke daerah ini,” kata Bupati Poltak di hadapan perwakilan  masyarakat ,kepala desa,lurah pada Acara Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Toba Tahun 2024 di  Kecamatan Ajibata  yang digelar di Aula Kantor Camat Ajibata, Kabupaten Toba, Senin (20/2/2023).
Keterangan Pers Diskominfo menyebut, Bupati Poltak menyatakan hal ini karena masih  kurangnya kebulatan hati oknum warga di daerah ini untuk menerima rencana pembangunan khususnya bidang pariwisata misalnya untuk daerah pantai.
Ia pun meminta warga agar merubah hal tersebut, agar niat pembangunan pariwisata bisa dilanjutkan.
There is a Will There is a way. (Di mana ada kemauan , di situ ada jalan – Red ), demikian Bupati Poltak mengungkapkan niatnya agar Kecamatan Ajibata tidak tertinggal dari daerah lain. Promosikan apa produk unggulan daerah  Ajibata ini.  UMKM agar ditingkatkan melalui pelatihan,  TP PKK  juga bisa turun membantu kaum ibu seperti pelatihan pembuatan eco enzim untuk pertanian.
Bupati Poltak juga meminta petani agar tidak tergantung  pemakaian pupuk kimia tetapi ke pupuk organik.
“Saya minta Ajibata kuat wisata, kuat juga pertaniannya, “katanya menyatakan eratnya kaitan wisata yang tumbuh  berkembang dengan pertanian yang berkembang pula.
Mengenai pariwisata Danau Toba, Bupati Poltak inginkan masyarakat mengetahui dan menceritakan kembali story telling sejarah terjadinya Danau Toba. Peristiwa letusan Gunung Toba  yang terjadi sekitar 75 Ribu tahun yang lalu dimana menurut para ahli ,hanya 6000 manusia hidup tersisa.
“Ini  story telling yang luar biasa  menjadi sesuatu yang bisa diceritakan ke semua orang mendukung promosi Danau Toba, “katanya sembari mengingatkan akan hadirnya beberapa hari lagi perhelatan internasional F1H2O di Toba.
Kemudian soal pembangunan sumber daya manusia bidang pendidikan,  Bupati Poltak meminta agar pelajar SMP bisa sebanyak-banyaknya melanjutkan pendidikan ke bangku SMA unggulan di daerah ini yaitu Del dan Yayasan TB Soposurung.
“Bila orang tua kurang mampu dalam pembiayaan maka siswa berprestasi akan diberi bea siswa oleh pemerintah,” katanya.
Sebelumnya Wakil Ketua DPRD Kabupaten Toba , Candrow Manurung   dalam sambutannya mengatakan supaya musrenbang ini memiliki marwah- bermanfaat dirasakan masyarakat , hendaknya memperhatikan usulan masyarakat yang masuk jangan sampai terlewatkan. Ia pun  secara garis besar membahas kegiatan di Kecamatan Ajibata dari  setiap OPD dan sekaligus meminta keseriusan pelaksanaannnya.
Hadir Staf Ahli Bupati Toba, Darwin Sianipar, Camat Ajibata, Robert Manurung,unsur Forkopimca, , Kadis Pertanian T.H Sitorus ,para perwakilan OPD  dan lainnya.
RE/M Sormin/Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *