Mengenal Lebih Dekat Sarbanie Misar, Ketua RW. 15 Tegal Alur

News35 Dilihat
Jakarta, RepublikeXpose.com
Sarbanie Misar merupakan Ketua RW. 15 di Kelurahan Tegal Alur, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat. Sosoknya dikenal karena aksi sosialnya di tengah kehidupan pemukiman warga, sehingga wujud kepeduliannya kepada masyarakat dengan menjalankan berbagai programnya, membawanya menjabat sebagai Ketua RW. 15 Tegal Alur hingga dua periode. Maka tidak heran, jika sosoknya pun menginspirasi dan membakar semangat anak muda yang berkeinginan mengabdi kepada masyarakat.
Berikut ulasan singkat biodata dan biografi Sarbanie, salah satu tokoh masyarakat di Jakarta Barat :
Biodata
– Nama : Sarbanie
– TTL     : Jakarta, 19 November 1974
– Pendidikan : MTs 8, STM Yadika, BSI
– Nama Ayah : Misar
– Nama Ibu    : Uni
– Nama Istri  : Rosidah
– Nama Anak : Tegar Eka Putra dan Karen Dwi Nanda
Sarbanie Misar adalah nama populer dari Sarbanie. Anak kedua dari enam bersaudara ini, menggandeng nama Ayah nya sebagai nama panjangnya. Pria kelahiran Jakarta, 19 November 1974 ini, tentu banyak warga RW. 15 Kel. Tegal Alur sudah mengenal sosoknya. Sarbanie adalah salah satu tokoh masyarakat yang aktif mengadakan berbagai kegiatan sosial. Tidak hanya peduli dengan warganya, ia juga sering membantu warga di wilayah lain dengan program-program yang digagasnya.
Selain itu, sosok ketua RW. 15 yang sudah menjabat dua periode ini, pendekatannya kepada warga membuatnya digemari oleh anak muda. Pada kesempatan tersebut, ia membentuk OKP (Organisasi Kepemudaan) yang bertujuan mencerdaskan anak bangsa, yakni mengkaryakan mereka dengan kegiatan-kegiatan positif. Sehingga mampu menetralisir bentuk pergaulan negatif di wilayahnya.
Sebagai Ketua RW, Sarbani sudah membawa perubahan di wilayah RW. 15 sejak masa periode pertama. Bisa dikatakan ia adalah salah satu tokoh masyarakat yang berpengaruh di Kalideres, karena itu Sarbani kembali menjabat Ketua RW. 15. Belum usai masa jabatannya sebagai ketua RW di periode kedua, pada tahun 2021 Sarbani dipercayakan menjadi Ketua Forum RT/RW Sekecamatan Kalideres, Jakarta Barat.
Seiring waktu berjalan, Sarbanie yang sempat menjadi karyawan sejak 1999 di perusahaan swasta itu memutuskan risen pada tahun 2021, ia memfokuskan dirinya untuk mengabdi pada masyarakat setelah terpilih menjadi ketua Forum RW Sekelurahan Tegal Alur, pengurus di DPC Forum RT/RW Sekecamatan Kalideres dan Kepala Bidang Sosial Budaya di DPP Forum RW tingkat DKI Jakarta.
Pria lulusan STM Yadika pada tahun 1994 ini adalah putra daerah yang lahir dan besar di Kayu Besar, Jakarta Barat. Sejak remaja ia dikenal sudah aktif menyibukkan dirinya di berbagai organisasi, diantaranya menjadi ketua Osis saat di Madrasah Sanawiyah dan Pengurus Karang Taruna di RW. 02. Kemudian, pada tahun 1999 ia menikah dengan Rosida, lalu tinggal di Rawa Melati RW. 02 Kel. Tegal Alur sampai tahun 2014. Rosida yang setia mendampinginya, dikenal selalu mendukung setiap aktifitas suaminya itu yang peduli terhadap antar sesama. Hingga kini mereka memiliki dua orang anak laki-laki, yakni Tegar Eka Putra (21) dan Karen Dwi Nanda (19).
Pada tahun 2014, Sarbanie membawa istri dan anak-anaknya pindah ke Jl. Manyar Dalam RT. 001 RW. 15 Kel. Tegal Alur. Kec. Kalideres, Jakarta Barat. Menjelang tahun 2017, ia dipercayakan warga setempat untuk menjabat sebagai Ketua RW.15 hingga dua periode. Dalam kesempatan itu, pada periode pertama, Sarbanie membuat program pengaspalan dari gang ke gang sampai jalan utama di wilayahnya. Selain itu, bekerjasama dengan SDA (Sumber Daya Air) mengeruk kali mongol sehingga air mengalir, kemudian memiliki mobil ambulance sendiri yang dikhususkan untuk membantu warganya yang membutuhkan. Selanjutnya jika ada warganya yang meninggal dunia, RW. 15 dengan ambulancenya siap menghantarkan ke TPU, menyediakan kain kapan, hingga melayani pemakaman sampai selesai.
Menjelang periode kedua, apapun yang dibutuhkan masyarakat seperti sarana jalan berikut penerangan semua dipenuhinya. Sarbanie pun selalu tampil disetiap kegiatan sosial, baik yang diselenggarakannya maupun yang diadakan oleh berbagai organisasi masyarakat.
Diketahui, Sarbanie menjadi salah satu tokoh masyarakat yang berpengaruh di Kecamatan Kalideres, sejak ia menjadi ketua Forum RW Sekelurahan Tegal Alur. Saat itu ia pernah menjadi koordinator lapangan yang tidak memperbolehkan Truck Truck pengangkut tanah merah melintas di Jl. Kapuk Kamal yang meliputi Wilayah RW 012, 08, dan RW 01 kelurahan Tegal Alur dan perbatasan Wilayah RW 02 Kelurahan kamal Muara. Oleh karena itu Sarbanie kembali dipercaya menjabat sebagai Ketua RW. 15 Tegal Alur. Lalu, pada tahun 2021 Sarbanie dipercayakan menjadi Ketua DPC Forum RT/RW Sekecamatan Kalideres,  Forum RT/RW Jakarta Barat, dan dipercayakan juga sebagai kepala Bidang Sosial Budaya di Forum DPP RW DKI Jakarta.
Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang biografi Sarbanie Misar Ketua RW. 15 Kel. Tegal Alur, Kec. Kalideres, Jakarta Barat. Ingin tahu lebih lanjut, kunjungi chanel Youtube nya di Banie Yor 015!
RE/Sukirman/Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *